Kamis, 30 Januari 2014

karya tulis trend mode



KATA PENGANTAR
Dengan menyebut nama Allah SWT yang Maha Pengasih lagi Maha Panyayang, kami panjatkan puja dan puji syukur atas kehadirat-Nya, yang telah melimpahkan rahmat, hidayah, dan inayah-Nya kepada kami, sehingga kami dapat menyelesaikan makalah “TREND MODE”. 
Kami telah mengusahakan semaksimal mungkin dan tentunya dengan bantuan berbagai pihak, sehingga dapat memperlancar pembuatan makalah ini. Untuk itu kami tidak lupa menyampaikan bayak terima kasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam pembuatan makalah ini.
Namun tidak lepas dari semua itu, kami menyadari sepenuhnya bahwa ada kekurangan, baik dari segi penyusun bahasanya maupun segi lainnya. Oleh karena itu dengan lapang dada dan tangan terbuka kami membuka selebar-lebarnya bagi pembaca yang ingin memberi saran dan kritik kepada kami sehingga kami dapat memperbaiki makalah  ini.
             
Belawa, 25 januari 2014

             Penyusun





BAB I
PENDAHULUAN
A.      Latar belakang masalah
                   Peradaban manusia telah mengalami kemajuan sampai sekarang. Selama kemajuan itu, berkembang juga Globalisasi. Globalisasi berdampak juga pada banyak hal salah satunya adalah Dunia Fashion. Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, sepatu, atau aksesori.  Mode referensi untuk sesuatu yang tren saat ini dalam tampilan dan berdandan seseorang. Gaya yang berlaku dalam perilaku juga. Istilah yang lebih teknis, kostum, telah menjadi begitu terkait di mata publik dengan "mode" istilah yang istilah yang lebih umum "kostum".
                   Dengan adanya perkembangan Fashion tersebut, setiap manusia terutama kaum hawa telah berusaha untuk tidak ketinggalan. Mulai dari anak-anak sampai dewasa sangat memperhatikan perkembangan Fashion tersebut, dan sekarang, perkembangan Dunia Fashion yang disebut mode ini telah mengalami jaman revolusi yang pesat di Indonesia. Dengan adanya perkembangan tersebut telah membuat banyak orang mendirikan departement store. Gaya-gaya dan style Fashionpun menjadi syarat-syarat penting untuk para wanita yang juga  sebagian besar adalah pelajar. Perubahan-perubahan yang terjadi ini menghasilkan dampak baik positif maupun negatif.

                      1

                   Salah satu dampak positif dari Fashion adalah kita dapat selalu terlihat manis dengan pakaian dan aksesoris yang pas kita kenakan. Tetapi dampak negatif perkembangan Fashion ini adalah kita melupakan pakaian tradisional kita seperti kebaya dan memilih menjadi pengikut fashion barat.  Para pengamat Fashion telah menemukan indikasi adanya dampak yang terbesar dari perkembangan Fashion ini di Indonesia.
                    Dampak negatif ini adalah para kaum wanita di Indonesia mulai melupakan pakaian tradisonal dan produksi pakaian dari dalam negeri juga menyebabkan perubahan budaya timur menjadi seperti budaya barat. Namun, masalah Dunia Fashion masih diperdebatkan oleh beberapa pihak yang menganggap Dunia Fashion adalah hal yang sangat penting bagi para wanita yang umumnya masih remaja ini. Untuk itu, Karya Tulis yang dibuat ini akan memperlihatkan dan menjelaskan mengenai Perkembangan Dunia Fashion ini dengan berdasarkan dari berbagai sumber yang terpercaya dan kompeten.
B.       Rumusan masalah
       Adapun rumusan masalah dari kajian makalah tersebut adalah :
1.      Apa yang menyebabkan trend mode berkembang di kalangan remaja?
2.      Apa dampak yang ditimbulkan pada remaja dengan adanya trend mode?
3.      Bagaimana cara mengatasi permasalahan tren mode pada remaja?
3

C.      Tujuan penelitian
1.         Untuk mengetahui penyebab trend mode berkembang di kaum remaja,
2.         Untuk mengetahui dampak yang ditimbulkan trend mode.
3.         Untuk mengetahui cara mengatasi trend mode di kalangan remaja.

D.   Manfaat penelitian
1.         Dapat menjadi pedoman dalam melakukan hal yang berkaitan dengan mode
2.         Dengan berdasar pada dampak negatifnya, pembaca dapat membatasi diri dengan mengetahui akibat akibat dari trend mode.
3.         Menambah wawasan pembaca tentang trend mode pada remaja.
4.         Memperoleh kepuasan intelektual;
5.         Memperluas cakrawala ilmu pengetahuan;










BAB III
TINJAUAN KEPUSTAKAAN
A.      Pengertian Trend Mode
            Trend berasal dari bahasa inggris yang berarti mengikuti model mutakhir. Sedangkan mode atau fashion secara etimologi menurut kamus besar bahasa indonesia, mode merupakan bentuk nomina yang bermakna ragam cara atau bentuk terbaru pada suatu waktu tertentu.
             mode pada kalangan remaja pada saat ini diartikan sebagai cara/gaya berpakaian pada remaja yang selalu mengikuti perkembangan zaman, yang dari zaman ke zaman selalu ada pembaharuan baik dari segi bentuk, warna, variasi yang disebabkan karena kemajuan IPTEK (Ilmu Pengetahuan dan tekhnologi).
            Kemajuan tekhnologi informasi, komunikasi dan transportasi, serta makin menonjolnya ekonomi dan perdagangan yang telah mendorong terwujudnya globalisasi, memberi peluang terjadinya infiltrasi budaya barat sebagai ukuran tata nilai dunia dalam segala aspek bidang kehidupan.
            Gaya berpakaian warga kota-kota besar di negara-negara berkembang tidak dapat dibedakan dengan gaya berpakaian warga kota di Amerika Serikat dan Eropa. Celana jeans dan potongan rambut, misalnya telah menunjukkan betapa globalisasi telah mempengaruhi warga dunia utamanya kaum remaja.



B.       Istilah-istilah trend mode
1.    Fashion
               Fashion adalah istilah umum untuk gaya populer atau praktek, khususnya di pakaian, sepatu, atau aksesori. Mode referensi untuk sesuatu yang tren saat ini dalam tampilan dan berdandan seseorang. Gaya yang berlaku dalam perilaku juga. Istilah yang lebih teknis, kostum, telah menjadi begitu terkait di mata publik dengan "mode" istilah yang istilah yang lebih umum "kostum".
2.    Departement Store
       Departement Store adalah tempat semacam toko yang menjual barang-barang khusus untuk Fashion yang dirancang oleh designer ternama. Umumnya Departement Store yang besar adalah Departement Store yang menggunakan nama atau Label luar. Salah satu contoh Departement Store adalah N.y.L.a , The Body Soul, Zara, Sogo, S. Olliver, Calvin Clein, Banana Republik, dan lain-lain.
3.    Kerangka pemikiran
a.         Beberapa informasi yang telah saya dapatkan dari beberapa pihak maupun media di seluruh dunia. Informasi akan dijelaskan di bawah ini: ada tahun 1995, beberapa pengamat Fashion menjelaskan bahwa Fashion berawal dari Benua
Eropa yang dimulai dari pakaian para Ratu dan Putri di Inggris yang anggun dan menawan sehingga para warganya juga ingin mengenakannya dan menganggap itu adalah tren Fashion
b.         Pada tahun 1995, seorang pengamat Fashion menjelaskan bahwa pada abad ke 8 di Moor Spanyol seorang musisi terkenal Ziryab memperkenalkan canggih pakaian-gaya berdasarkan timing musiman dan harian dari asli nya Baghdad dan inspirasi sendiri untuk Córdoba di Al-Andalus
c.         Ditemukan bukti bahwa similar perubahan mode terjadi di Timur Tengah dari abad ke-11, setelah kedatangan Turki, yang memperkenalkan gaya pakaian dari Asia Tengah dan Timur Jauh .
d.        Pada abad ke-14 , yang termasuk sejarawan James Laver dan Fernand Braudel tanggal awal Barat dalam mode pakaian.
e.         Pada tahun 1780-an dengan penerbitan peningkatan ukiran Perancis yang menunjukkan gaya terbaru Paris, meskipun telah ada pembagian boneka dari Perancis berpakaian sebagai pola sejak abad 16, dan Abraham Bosse telah menghasilkan ukiran mode dari 1620. Pada 1800, semua orang Eropa Barat yang berpakaian sama (atau pikir mereka): variasi lokal pertama menjadi tanda provinsi budaya, dan kemudian lencana dari petani konservatif.
f.          Pada tahun 1858 diambil sebagai tanggal sejarah desain fashion, ketika Inggris lahir Charles Frederick Worth membuka haute couture di Paris. Sejak saat itu desainer profesional telah menjadi tokoh semakin lebih dominan, meskipun asal-usul mode banyak street fashion.
g.         Untuk wanita flapper gaya tahun 1920-an ditandai perubahan yang paling utama dalam gaya yang selama beberapa abad, dengan pemendekan drastis dari panjang rok, dan jauh lebih longgar pas pakaian, dengan kebangunan rohani sesekali rok panjang bentuk panjang pendek tetap dominan sejak .
h.         Saat ini diketahui 4 ibukota Fashion atau yang biasa disebut Jantung Fashion adalah New York City, Milan, Paris , dan London . Minggu Mode diadakan di kota-kota, di mana desainer memamerkan koleksi pakaian baru mereka untuk penonton, dan yang semuanya markas ke perusahaan mode terbesar dan terkenal dengan pengaruh besar mereka pada mode global.
i.           Perkembangan Fashion di Indonesia diawali pada saat Indonesia masih dijajah oleh Belanda dan Inggris. Mode pakaian para putri Inggris dan Noni Belanda menjadi awal tren pakaian. Kemudian dilanjut dengan berkembangnya Globalisasi di Indonesia yang membuat kita dapat mengetahui perkembangan Fashion Negara Lain melalui akses Internet dan majalah.
C.      Hipotesis
a.    Penyebab trend mode berkembang di kalangan remaja disebabkan karena perkembangan tekhnologi yang semakin maju, sebagian besar remaja menjiplak dari media, internet, maupun majalah atau surat kabar.
b.    Dampak yang ditimbulkan trend mode sangat berdampak pada perubahan nilai sikap, cara berpakaian serta menurunnya norma-norma pada remaja.
c.    Cara mengatasi trend mode pada remaja dapat diatasi melalui bimbingan orang tua, dengan membatasi penggunaan tekhnologi pada anak, serta lebih menanamkan nilai-nilai agama.         




















BAB IV
METODOLOGI PENELITIAN
A.   Waktu dan tempat penelitian
            Waktu                    : Minggu, 26-29 Januari 2014
            Tempat penelitian  : Belawa
B.   Metode penelitian
            pengumpulan data / informasi yang digunakan untuk pengumpulan data adalah sebaigai berikut :
1.      Observasi
     Yaitu suatu kegiatan mengamati kegiatan remaja diluar sekolah melalui media sosial ataupun terjun langsung untuk mendapatkan data yang akurat.
2.      Studi Pustaka
Yaitu kegiatan pencatatan dan pengumpulan data/Informasi dengan jalan membagikan angket yang diisi oleh siswa yang menjadi target pengumpulan data kami untuk memperkuat rumusan masalah.
3.      Diskusi
Yaitu proses penggalian informasi lebih lanjut dengan berdiskusi dengan beberapa teman sekelas dan teman lainya dalam linkup satu sekolah.
4.      Keterlibatan Langsung
   Yaitu kegiatan berbaur dengan remaja yang paling up date dalam maslah budaya asing yang masuk ke Indonesia dalam lingkup sekolah.
BAB V
PEMBAHASAN
A.      Penyebab perkembangan mode pada remaja
PerkembanganDunia Fashion di Indonesia terjadi dengan sangat pesat karena adanya globalisasi dan media masa yang menunjang. Hal ini ditanggapi dengan positif oleh sebagian besar kaum hawa di Indonesia karena mereka beranggapan bahwa Fashion atau “Style” adalah segalanya. Keadaan seperti ini sangat menjadi peluang yang besar bagi para pebisnis Fashion dari luar yang kemudian membentuk Departement Store dengan koleksi yang sangat menarik dan terlihat indah.
Tidak hanya itu saja pengaruh dari perkembangan Dunia Fashion di Indonesia, salah satu pengaruh yang lain adalah para wanita lebih memilih budaya Fashion barat yang dianggap bertentangan dengan budaya Fashion timur. Dan yang lebih parah adalah terancamnya usaha dalam negeri yang bergerak dibidang Fashion pula karena barang-barang dari mereka kurang diminati. Tetapi mereka juga tetap berusaha dengan membuat model pakaian yang hampir serupa dengan Fashion barat. Dan hasilnya, barang-barang dari mereka mulai diminati walaupun baru sedikit peminatnya.
                        Ada beberapa faktor penyebab remaja mengikuti gaya hidup  masa kini. Berikut beberapa faktor tersebut :
1.      Adanya globalisasi
2.      Pengaruh dari budaya asing
3.      Perkembangan teknologi yang pesat
5.      Pergaulan
6.      Kualitas pendidikan yang rendah
7.      Kurangnya iman dan taqwa

8.     
gambar 1
cara berpakaian reja masa kini di kalangan sosial







gambar 2
cara berpakaian remaja pada anak sekolahan. Tampak pada gambar tersebut cara berhijab yang salah,

gambar 2.1
gambar 2.2
B.       Dampak trend mode pada remaja
Akibat yang mundul/dampak akibat gaya hidup  masa kini antara lain sebagai berikut
1.      Demoralisasi
2.      Pergaulan bebas
3.      Hilangnya norma kesopanan
4.      Menurunnya image pelajar di mata public
5.      Menurunnya daya berpikir siswa yang kreatif dan inovatif

a. dampak negatif
a)    Bahaya Terhadap Wanita (Si Pemakai)
§   Wanita akan di perbudak oleh mode pakaiannya yang terbuka. Ia akan di perjualbelikan dan di jadikan komoditas murahan yang tidak perlu diiklankan lagi. Sebab wanita itu sendiri sudah merupakan iklan yang cukup memikat. Jika wanita itu barang, maka ia tak bedanya dengan  makanan kucing atau onderdil mobil.
§   Wanita akan terlena dan terus menerus memamerkan perhiasannya serta membuka auratnya. Dan akhirnya (terjadilah perbuatan-perbuatan maksiat)
§     Wanita akan berpaling dari kewajiban-kewajiban keluarga dan tugas-tugas fitrahnya demi menyebarkan fitnah-fitnahnya. Hal ini tentu sangat berbahaya bagi keluarga dan anak-anaknya.
§   Wanita akan terkena berbagai penyakit karena tubuhnya sering tidak di tutup rapat (bahkan mungkin terlanjang) atau karena dampak negatif dari teknologi yang di terapkan pada alat-alat kosmetika.
§   Hilangnya rasa malu pada wanita, padahal malu itu ciri khas kewanitaaan dan faktor esensial yang bisa menyebabkan laki-laki jatuh cinta kepadanya.
§   Setiap saat ia akan melakukan maksiat kepada Allah Swt.

b)     Bahaya Bagi Laki-Laki
§   Laki-laki akan melalaikan tugas dan kewajibannya karena terganggu oleh penampilan-penampilan seronok dari para wanita yang ia lihat dijalan-jalan, kendaraan-kendaraan, pasar-pasar, dan sebagainya.
§   Munculnya keinginan untuk melakukan tindak kriminal yang di rencanakan. Sebab, secara tidak langsung ia telah mendapat undangan tidak resmi dari wanita-wanita yang memamerkan tubuhnya.
§    Luasnya kesempatan untuk mengarahkan pandangan kepada wanita.
§   Hilangnya nama baik laki-laki jika yang memamerkan perhiasan atau tubuhnya itu ternyata isterinya atau anggota keluarganya. Ia akan mendapat celaan dan hinaan dari masyarakat. Lebih parah lagi jika ia keluar bersama-sama dengan wanita itu. Dengan keluar bareng, berarti ia merestui perbuatan tersebut.
§    Bertambahnya kemurkaan Allah SWT jka ia mengarahkan pandangannya kepada fitnah-fitnah wanita tersebut.
c)       Bahaya Bagi Masyaarakat
§  memunculkan gejolak seksual pada orang yang melihat pemandangan-pemandangan tersebut. Dengan demikian, dapat melemahkan akal dan pikiran.
§  Mengakibatkan sikap dingin seksual (impoten), karena seringnya melihat pemandangan-pemandangan seperti itu. Setiap laki-laki sudah cukup puas jika telah menyaksikan penampilan-penampilan wanita sensual. Penyakit ini jelas sangat berbahaya, sebab dapat menjangkit ke dalam kehidupan rumah tangganya. Maka bagi orang yang sudah terjangkit penyakit ini, harus segera pergi ke dokter utuk konsultasi dan pengobatan.
§  Menimbulkan perbuatan zina di masyarakat. Pamer pakaian atau tubuh bagi  wanita bisa menjadi penyebab utama timbulnya masalah ini. Akibatnya, keluarga dan masyarakat akan rusak dan tak  bisa di tolak lagi bencana pun akan menimpa mereka. Berbagai penyakit kotor karena seks akan meluas, sebagaimana telah terjadi di negara-negara yang wanitanya bergaya hidup bebas.
§  Menimbulkan perpecahan diantara keluarga. Keharmonisan hidup berumah tangga antara suami-isteri tidak ada lagi, karena suami bersikap dingin kepada isteri. Boleh jadi, sang suami akan berpaling dari isterinya karena sudah terlanjur asyik menikmati pemandangan-pemandangan bugil tadi. Jika hal ini terjadi, maka problema keluarga pun akan muncul, mungkin sampai terjadi perceraian yang dampaknya sudah tentu sangat buruk bagi anak-anak. Sebab itu, masalah ini seharusnya menjadi perhatian kita.
§  Laki-laki akan malas menikah hal ini karena berbagai sebab antara lain, sipelamar atau laki-laki akan meragukan kredibilitas istri apakah ia termasuk orang yang sering memamerkan auratnya atau bukan  apakah ia wanita yang tidak memiliki sifat-sifat mulia, Tidak puas dengan satu istri karena itu ia lebih suka memasang perangkap dan memburu wanita yang selalu hadir didepan matanya dengan berbagai cara, Tidak menyukai kecantikan calon istrinya. Sebabnya ia telah tergiur oleh kecantikan-kecantikan jalanan yang memamerkan perhiasan atau tubuhnya, Pemborosan Ekonomi karena harta hanya dibelanjakan untuk pakaian dan perhiasan. Baik yang impor maupun yang produk dalam negeri. Harta yang digunakan untuk hal-hal yang tidak bermanfaat termasuk misalnya untuk pengeluaran belanja.
§  Memancing timbulnya kejahatan. Artinya wanita yang suka memamerkan perhiasan atau pakaian pada dasarnya telah mengundang bahaya lihat saja, betapa banyak kasus kejahatan seperti pencurian, penodongan, pemerkosaan, atau bahkan pembunuhan yang disebabkan karena kelalaian kaum wanita hal ini tentu saja dapat menganggu stabilitas keamanan.
b. dampak positif
Jika kita ambil sisi positif dari perkembangan fashion styles sekarang ini, gaya-gaya terbaru akan membuat kamu menjadi lebih kreatif dan unik untuk menciptakan seorang pribadi yang unik dan berbeda dari yang lainnya, yang tentu saja sesuai dengan keprbadian kamu sendiri. Ini adalah masalah kepahaman setiap orang, bagaimana mode dapat mempengaruhi seseorang dalam cara yang positif. Berikut dampak positifnya,
1.    Selalu terlihat menarik
2.    Membangkitkan remaja ke era yang lebih modern
3.    Membantu remaja dalam
4.    Membuat remaja tampak percaya diri
C.      Cara mengatasi trend mode pada remaja
Budaya barat atau budaya asing saat ini berkembang pesat di Indonesia,baik yang bersifat positif dan negatif sangat mudah diterima masyarakat, khususnya generasi muda atau remaja. Para orang tua sangat khawatir atas perkembangan pergaulan remaja saat ini. Oleh karena itu, sebagai generasi muda yang baik kita hendaknya tidak mengikuti budaya barat yang berdampak negatif. Remaja yang tidak mengikuti perkembangan yang terjadi akan dianggap kuper atau tidak modern, tetapi remaja sekalian jangan takut karena tidak semua perkembangan yang ada berdampak baik. Untuk selanjutnya penulis akan memberikan solusi atau cara mengatasi pengaruh budaya barat atau budaya asing yang bersifat negatif, diantaranya sebagai berikut :
1.      Remaja seharusnya dapat memilah dan menyaring perkembangan budaya saat ini, jangan menganggap semua pengaruh yang berkembang saat ini semuanya baik, karena belum pasti budaya barat tersebut diterima dan dianggap baik oleh budaya timur kita.
2.      Para orang tua sebaiknya lebih mendekatkan diri kepada anaknya,dan berusaha menjadi teman untu anaknya sehingga dapat memberikan saran kepada anak dan anak pasti akan merasa lebih dekat kepada orang tuanya dan kan mengingat saran dari orang tuanya tersebut.
3.      Pemeritah lebih tegas terhadap peraturan, khususnya penyimpangan perilaku akibat pengaruh budaya asing.
4.      Masyarakat hendaknya membantu pemerintah, dalam menaggulangi perkembangan     budaya barat atau budaya asing yang bersifat negatif.
            Manusia akan melewati fase-fase dalam hidupnya satu persatu. Setiap fase tersebut memiliki karakteristik, kekhususan, dan keistimewaan masing-masing. Sedangkan, pemuda memiliki  beberapa karakteristik antara lain potensi fisik, potensi seksual dan potensi emosional, sisi intelektual dan sisi mental serta kejiwaan.
Oleh karena itu Islam berupaya semaksimal mungkin untuk mengarahkan pemuda agar beribadah kepada Allah karena hal tersebut merupakan tujuan pokok dan mendasar dari penciptaan manusia. Allah swt. berfirman “dan tidaklah Aku ciptakan Jin dan Manusia melainkan untuk beribadah kepada Ku” . maka Islam memberikan solusi yang bisa dilakukan para pendidik untuk memelihara para remajanya agar tidak menjadi korban mode antara lain :
1.        Setiap pendidik muslim harus memiliki sikap dan kepribadian yang Islami
2.        Penyatuan antara pendidikan Islam dan kurikulum.
3.        Sungguh-sungguh dalam mengajar dan bermuamalah
4.         Memberikan motifasi dengan anjuran-anjuran yang Islami
Cara berpakaian sesuai aturan islam antara lain :
1.      Menutup seluruh badan selain yang dikecualikan.
2.      Bukan berfungsi sebagai perhiasan.
3.      Kainnya harus tebal, tidak tipis.
4.      Harus longgar, tidak ketat, sehingga tidak menggambarkan sesuatu dari tubuhnya.
5.      Tidak diberi wewangian atau parfum.
6.      Tidak menyerupai laki-laki.
7.      Tidak menyerupai pakaian wanita kafir.
8.      Bukan libas syuhrah ( pakaian popularitas ).











BAB VI
PENUTUP
A.      Kesimpulan
Berdasarkan makalah diatas dapat disimpulkan bahwa hal yang melatar belakangi masuknya trend mode pada remaja adalah gloalisasi dan perkembangan tekhnologi yang sangat menunjang, itu memberikan banyak dampak pada remaja diantaranya, pada kaum wanita, laki-laki dan masyarakat, semua itu dapat diatasi dengan menanamkan nilai moral serta agama pada remaja.
B.       Saran
Marilah kita mengembalikan jati diri serta nilai moral pada remaja, terima trend mode dengan memanfaatkan damoak positifnya.











                                                           DAFTAR ISI
Halaman
KATA PENGANTAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar